Romadhon adalah bulan pembinaan ummat

bulan suci rhomadhon 1437 H
Pembinaan dalam islam adalah pembinaan ummat sepanjang zaman. tidak seorangpun terbebas dari kewajiban pembinaan, semakin tinggi derajat seseorang semakin besar tantangan yang dihadapinya. untuk itu ia makin membutuhkan pembinaan. Sungguh bahagia orang yang selalu butuh bimbingan dan celakalah orang yang merasa tidak butuh bimbingan lagi.

Bahkan Rosulullohpun senantiasa memohon ampun kepada Robnya tidak kurang 100 kali dalam sehari semalam. Abu Bakar Atersessiddiq sebagai shabat terdekat Rosullulloh sennatiasa besujud dan tersiungkur saat ingat akan sakaratul maut dan Ali bin Abi Thalib pingsan sering pingsan dalam dzikir dan doanya. Subhanalloh.

Pembinaan dalam islam berarti bimbingan dalam upaya agar terhapusnya kesalahan-kesalahan, dosa, kekhilafan dan kekeliruan yang telah dilakukannya. pembinaan dalam islam berarti upaya-upaya menuju perbaikan dan bakti kepada Alloh sebagai sang kholiq dan mengubah mental masyarakat agar menjadi taat dan patuh pada aturan-atauran yang telah Alloh tetapkan.

Bentuk-bentuk pembinaan dalam islam adalah berupa nasehat, pengajaran dan petunjuk-petunjuk risalah yang bertujuan agar ummat ini menjadi ummat yang terbaik yang di harapakan oleh sang penciptanya.

Pembinaan di zaman nabi tidak mengenal usia, jabatan dan kedudukan, kerpintaran dan kekayaan, wajah dan keturunan, semuanya mendapatkan pembinaan. keindahan yang di contohkan oleh ummat terdahulu ini terlihat dari sikap dan prilaku yang telah terbentuk menjadi tatanan sosial yang tersusun dengan baik.

Hal tersebut terlihat dari sikap dan prilaku ummat waktu itu seperti yang muda menghormati yang lebih tua, yang kaya mendermakan hartanya, yang miskin menahan diri untuk meminta-minta, yang berilmu dengan kerendahan hatinya menyampaikann ilmunya dan yang tidak berilmu dengan semangat untuk belajar pada yang berilmu. Pemimpin berbuat dengan adil, bijaksana dan penuh kasih sayang membimbing, memerintah dan mencegah ummat. sebaliknya ummatpun dengan patuh, loyal dan khidmat mendengar nasihatnya, menjalankan perintahnya, dan menjauhi larangan-larangannya.

Untuk itu di bulan Romadhon ini 1437 H  (2016) kita berharap agar masing-masing dari kita menuju lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, dalam upaya tersebut maka ada beberapa point penting yang senantiasa kita harus pahami, yaitu :

  • Bulan rajab merupakan bulannnya Alloh (saharulloh), bulan Sya'ban adalah bulannya Rosul (sahrurosul) dan bulan Romadhon ini adalah bulan sahrul Ummah.
  • Bulan Romadhon ini kita serahkan segalanya untuk Alloh, dengan Iman dan ihtisab kita laksanakan perintah puasa hanya untuk Allloh. kita pererat silaturahhim, memperbanyak shodaqoh, jauhi berbohong, ghibah dan namimah. meemlihara pandanagan dengan sahwat kepada yang bukan haknya dan melaksanakan zakat.
  • Sadari bahwa bulan romadhon ini adalah merupakan bulan Ampunan Alloh kepada hamba-hambanya.
  • Bulan romadhon ini diturunkannya Alquran sebagai petunjuk bagi manusia. untuk itu hendaknya kita kaji, renungkan dan amalkan isinya.
  • Bulan ini adalah bulan ujian dan latihan maka siapkanlah segala sesuatunya.
  • Bulan romadhon ini adalah bulan melatih menuju ketaqwaan, bulan kesucian jiwa, maka perbanayak, zikir, sujud, doa dan dengan lapar dan haus pada siangharinya.
Demikian lah uraian singkat tentang bulan romadhon sebagai bulan pembinaan ummat. kita berharap semoga Alloh SWT membimbing kita agar dapat melaksanan, mengisi dan memanfaatkan bulan romadhon ini dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan derajat taqwa. Amin


Description
: Romadhon adalah bulan pembinaan ummat
Rating
: 4.5
Reviewer
: Roni Rz
ItemReviewed
: Romadhon adalah bulan pembinaan ummat
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test

Previous Post

« newer news

Next Post

older news »